Abstrak  Kembali
Penelitian ini sebagai alat kajian bertujuan untuk menelaah dan menganalisis dari masalah sebagai variabel yang diteliti, sesuai dengan hipotesis yang diuji adalah : (1) Terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru, (2) Terdapat pengaruh langsung positif ketahanmalangan guru terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) Terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja terhadap ketahanmalangan guru. Metode Penelitian adalah metode kuantitatif dan dilaksanakan pada guru-guru SD Muhammadiyah di Kota Tangerang Selatan sebagai populasi yang berjumlah 111 guru dengan sampel penelitian berjumlah 87 guru yang dipilih secara proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru diperoleh dengan persamaan regresi: 3 Xˆ = 45,092 + 0,764 X1 dan koefisien korelasinya (r13) = 0,742 dan koefisien determinasi (r2 13) = 0,551 dengan nilai koefisien jalur (р31) = 0,764 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan variabel iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 55,1%, Kedua, terdapat pengaruh langsung positif ketahanmalangan guru terhadap kepuasan kerja guru diperoleh persamaan regresi: 3 Xˆ = 48,132 + 0,736 X2 dan koefisien korelasinya (r23) = 0,759 dan koefisien determinasi (r2 23) = 0,576 dengan nilai koefisien jalur (р32) = 0,736 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan sangat signifikan ketahanmalangan guru terhadap kepuasan kerja guru sebesar 57,6%, Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja terhadap ketahanmalangan guru dengan persamaan regresi: 2 Xˆ = 48,3250 + 0,748 X1 dan koefisien korelasinya (r12) = 0,704 dan koefisien determinasi (r2 12) = 0,496 dengan nilai koefisien jalur (р21) = 0,704 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan sangat signifikan iklim kerja terhadap ketahanmalangan guru sebesar 49,6%. Ketiga hipotesis telah teruji kebenarannya pada taraf α = 0.05. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bermanfaat bagi guru, khususnya dan semua pihak yang terkait. Sebagai Upaya peningkatan kepuasan kerja guru melalui iklim kerja dan meningkatkan ketahanmalangan guru yang baik, dapat meningkatkan kepuasan kerja secara optimal.