Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penilaian Portofolio dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Paseban di Jakarta Pusat. Untuk memperoleh data dipergunakan instrumen kemampuan menulis puisi bebas, dan instrumen kreativitas dalam bentuk skala sikap model Likert. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dengan jumlah sampel 48 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Paseban yang diambil secara simple random sampling. Analisa data yang digunakan adalah Analisis Varians dua jalur (two way ANAVA) dan uji Tukey sebagai uji lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis puisi bebas dengan penilaian portofolio proses lebih unggul dibandingkan dengan penilaian portofolio produk, ( Fh = 7,19 > Ft.= 4,030); (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penilaian portofolio dan kreativitas terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V Sekolah Dasar (Fh = 4,18 > Ft = 4,030); setelah dianalisis lebih lanjut dengan uji Tukey dapat diketahui bahwa Perbedaan kemampuan menulis puisi bebas antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang dinilai menggunakan penilaian portofolio proses lebih unggul dibandingkan dengan penilaian portofolio produk (Qh = 9,4526 > Qt = 3,75), dan tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi bebas yang memiliki kreativitas rendah dengan penilaian portofolio proses dibanding dengan penilaian portofolio produk (Qh = 1,2715 < Qt = 3,75). Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan penilaian portofolio yang dilakukan oleh guru terutama dalam menilai kemampuan menulis puisi bebas.