Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui torsi sepeda motor setelah melakukan pergantian
variasi bobot roller weight dan mengetahui daya sepeda motor setelah melakukan pergantian variasi
bobot roller weight. Tugas akhir ini akan menggunakan sepeda motor bertransmisi otomatis yaitu
sepeda motor 155 CC 2020. Pada tugas akhir ini penguji akan menggunakan empat variasi berat
roller yaitu berat roller 11 g, berat roller 13 g (tipe standar) dan berat roller 15g. Untuk melakukan
pengujian menggunakan sebuah alat yang bernama dynamometer digunakan untuk menguji bobot
dari roller weight dengan performa sepeda motor 155 CC. Alat ini langsung menampilkan torsi
maksimum dan hasil output maksimum untuk RPM tertentu. Menyatukan parameter-parameter
tersebut untuk membuat grafik hubungan antara torsi dan RPM pada sepeda motor 155 CC dan
hubungan antara output dan RPM. 1) Hasil dari pengujian ini pada torsi standar 13g rata 14.51 Nm
/
5019rpm. Peningkatan pada roller 13-15g 0.02 Nm dengan hasil 14.53 Nm / 5154 rpm, dan
penurunan pada roller 15-14g 0.33 Nm dengan hasil 14.18 Nm / 5093 rpm. 2) Hasil pada daya
standar 13g yaitu 11.4 hp / 7581 rpm. Mengalami penurunan 0.1 Nm di roller 11-13g yaitu 11.3 hp
/ 7193, dan mengalami penurunan juga di roller 15-13g 0.2 hp dengan hasil 11.2 hp / 6224 rpm.
|