Abstrak  Kembali
Lokomotif CC-201 tipe U18C banyak digunakan sebagai transportasi umum di Indonesia. Sama halnya dengan jenis transportasi atau kendaraan lainnya dimana bentuk bodi merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan karena mempengaruhi sifat aerodinamisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi sudut desain bodi lokomotif U18C tipe CC-201 terhadap koefisien drag dan aerodinamika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah simulasi CFD menggunakan software engineering berbasis CAE yaitu Ansys Fluent R2 2022. Simulasi CFD dilakukan pada desain bodi lokomotif dengan variasi sudut 90º, 135º dan 150º menggunakan parameter batas kondisi yang sama. Kemudian, hasil simulasi CFD menunjukkan bahwa desain bodi lokomotif dengan variasi sudut 150º memiliki nilai coefficient drag yang paling kecil yaitu 0.51076379. Kesimpulan penelitian menjelaskan bahwa perubahan sudut 150 derajat pada bagian atas bodi lokomotif tipe GE U18C memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan nilai koefisien hambat hingga 29%.