Abstrak  Kembali
Karakteristik analisa performa aerodinamika suatu penampang airfoil sangatlah diperlukan untuk menentukan gaya angkat maksimum yang terjadi serta gaya-gaya yang berkerja pada penampang airfoil seperti gaya drag dan gaya lift. Dalam penelitian ini suatu desain penampang airfoil seri NACA 4415 suatu airfoil simetris dengan menggunakan software computational fluid dynamics (CFD) dengan input kecepatan, viskositas dan densitas fluida sehingga dapat diketahui sebaran kecepatan dan sebaran tekanan di sepanjang airfoil. Untuk mendapatkan performa yang maksimal dari airfoil ini, diberi variasi sudut serang yang berbeda-beda sehingga nantinya didapatkan sudut serang maksimal untuk menghasilkan gaya angkat yang maksimal juga. Dari kontur kecepatan dan kontur tekanan yang terbaca di computational fluid dynamics (CFD) sepanjang permukaan atas dan permukaan bawah airfoil diambil rata-ratanya dan kemudian di plot dalam grafik untuk menunjukan besarnya gaya lift dan gaya drag yang terjadi serta distribusi kecepatan dan distribusi temperatur tersebut diperoleh harga koefisein drag dan koefisien lift. Hasil analisis simulasi didapatkan nilai gaya angkat maksimum terjadi pada sudut serang 12° dan 15° sebesar 1.0294 N yang menyebabkan terjadinya indikasi flow separation dengan terjadinya vortex pada bagian trailing edge dipermukaan atas airfoil atau bagian belakang airfoil dan hal ini mengakibatkan gaya angkat akan turun yang menyebabkan kondisi stall yaitu kondisi airfoil yang tidak dapat dialiri udara dengan baik.yang disebabkan oleh sudut serang yang terlalu tinggi.