|
Karakteristik analisa performa aerodinamika suatu penampang airfoil sangatlah
diperlukan untuk menentukan gaya angkat maksimum yang terjadi serta gaya-gaya yang
berkerja pada penampang airfoil seperti gaya drag dan gaya lift. Dalam penelitian ini
suatu desain penampang airfoil seri NACA 4415 suatu airfoil simetris dengan
menggunakan software computational fluid dynamics (CFD) dengan input kecepatan,
viskositas dan densitas fluida sehingga dapat diketahui sebaran kecepatan dan sebaran
tekanan di sepanjang airfoil. Untuk mendapatkan performa yang maksimal dari airfoil
ini, diberi variasi sudut serang yang berbeda-beda sehingga nantinya didapatkan sudut
serang maksimal untuk menghasilkan gaya angkat yang maksimal juga. Dari kontur
kecepatan dan kontur tekanan yang terbaca di computational fluid dynamics (CFD)
sepanjang permukaan atas dan permukaan bawah airfoil diambil rata-ratanya dan
kemudian di plot dalam grafik untuk menunjukan besarnya gaya lift dan gaya drag yang
terjadi serta distribusi kecepatan dan distribusi temperatur tersebut diperoleh harga
koefisein drag dan koefisien lift. Hasil analisis simulasi didapatkan nilai gaya angkat
maksimum terjadi pada sudut serang 12° dan 15° sebesar 1.0294 N yang menyebabkan
terjadinya indikasi flow separation dengan terjadinya vortex pada bagian trailing edge
dipermukaan atas airfoil atau bagian belakang airfoil dan hal ini mengakibatkan gaya
angkat akan turun yang menyebabkan kondisi stall yaitu kondisi airfoil yang tidak dapat
dialiri udara dengan baik.yang disebabkan oleh sudut serang yang terlalu tinggi.
|