Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang dilakukan adalah dengan mengganti Capacitor Discharge Ignition CDI Standard dengan CDI Unlimiter. CDI standar mendapatkan performa diatas penggunaan CDI unlimiter, dengan nilai torsi maksimum 10,74 ft.lbs pada putaran 4930 rpm, sedangkan CDI unlimiter mendapatkan nilai torsi maksimum 10,71 ft.lbs pada 4650 rpm walaupun torsi CDI unlimiter lebih rendah 0,03 ft.lbs (0,27%), dari CDI standar, CDI unlimiter mendapatkan torsi maksimum lebih cepat 280 rpm dibandingkan CDI standar dan nilai daya CDI unlimiter juga mengalami peningkatan daya lebih besar 0,44 hp (3,36%) dari CDI standar. serta hasil dari konsumsi udara-bahan bakar/AFR yang stabil didapatkan pada penggunaan variasi CDI unlimiter dengan nilai AFR rata-rata 12,77 : 1, menurut (Campuran Stoichiometry) terdapat pada nilai ideal