Abstrak  Kembali
Aplikasi virtual learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis komputer telah banyak diimplementasikan di dalam dunia pencidikan, dimrlai da.ri pendidikan tingkat ringgi hingga pendidikan tingkat menengah. Hal itu dilakukan karena beberapa hal, salah satunya adala=h mengatasi kurangnya intensitas tatap muka antara dosen dan mahasisrva dalam proses belajara-mengajar dan juga mendampingi mahasiswa di dalam proses ;elajar, terutama proses belajar di luarjam kuriah di keras. Setiap mahasiswa akan mendapatkan materi dan soal yang sama. padahal kemampuan setiap mahasiswa mungkin berbeda. Oleh karena itu, menjadikan metode Intelligent n oring Syslerr (lTS) sebagai basis dari sebuah aplikasi virtual learning auput ,.ry"Juuit an materi dan soal yang diberikan kepada seorang mahasisrva dengan kemampuan yang dimiriki oreh mahasiswa tersebut. Implemenlasi media pembelajaran tersebut di atas, dilakukan dengan cara membuat sebuah program aplikasi virtual learning. Gtna menanggulangi kurangnya intensitas tatap muka antara mahasiswa dan dosen sekaligus sebagai pembela.iaran di luar jam kuliah, program aplikasi tersebut dioperasikan di atas jaringan komputer lokal. Sedangkan IiS diwujudkari dengan cara mengklasifikasi setiap set pembelajaran (materi dan soal) yang akan diberikan kepada mahasisrva ke dalam riga kategori, yaitu mudah, standar dan sulit. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kurangnya intesitas tatap muka mahasisrva dengar dosen sekaligus sebagai media pemielajaan di luarjam kuliah dengan alokasi waktu yang lebih banyak dan set pembelajaran yang diberikan kepada seorang mahasiswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.