Aplikasi virtual learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis
komputer telah banyak diimplementasikan di dalam dunia pencidikan, dimrlai
da.ri pendidikan tingkat ringgi hingga pendidikan tingkat menengah. Hal itu dilakukan karena beberapa hal, salah satunya adala=h mengatasi kurangnya
intensitas tatap muka antara dosen dan mahasisrva dalam proses belajara-mengajar
dan juga mendampingi mahasiswa di dalam proses ;elajar, terutama proses
belajar di luarjam kuriah di keras. Setiap mahasiswa akan mendapatkan materi
dan soal yang sama. padahal kemampuan setiap mahasiswa mungkin berbeda.
Oleh karena itu, menjadikan metode Intelligent n oring Syslerr (lTS) sebagai
basis dari sebuah aplikasi virtual learning auput ,.ry"Juuit an materi dan soal
yang diberikan kepada seorang mahasisrva dengan kemampuan yang dimiriki oreh
mahasiswa tersebut. Implemenlasi media pembelajaran tersebut di atas, dilakukan
dengan cara membuat sebuah program aplikasi virtual learning. Gtna
menanggulangi kurangnya intensitas tatap muka antara mahasiswa dan dosen
sekaligus sebagai pembela.iaran di luar jam kuliah, program aplikasi tersebut
dioperasikan di atas jaringan komputer lokal. Sedangkan IiS diwujudkari dengan cara mengklasifikasi setiap set pembelajaran (materi dan soal) yang akan diberikan kepada mahasisrva ke dalam riga kategori, yaitu mudah, standar dan sulit. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kurangnya intesitas tatap
muka mahasisrva dengar dosen sekaligus sebagai media pemielajaan di luarjam
kuliah dengan alokasi waktu yang lebih banyak dan set pembelajaran yang
diberikan kepada seorang mahasiswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
oleh mahasiswa tersebut.
|