Bagi siswa kelas III SD Pelajaran Matematika merupakan s&lah satu
kunci prcstasi untuk melanjutkan berhitung di jenjang kelas yang lebih atas.
Apabila di kelas III mereka merasa jenuh pada pelajaran matematika, sangat sulit
sekali mereka bisa berhasil dikelas selanjutnya.
Untuk mengatasi rasa jenuh tersebut, maka penulis coba membuat
perimcangan aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia yang dapat
mengurangi kejenuhan anak dalam mempelajari pelajaran Malernatika.
Dalam pengernbangan perancangan aplikasi pembelajaran matematika ini,
penulis mengembangkan perangkat ajar yang didalamnya menggunakan metode
waterfall atau hrcnsial linier dan multimedia yang terdiri tiga tahap, yaitu : tahap
konsepsi, tahap realisasi dan tahap eksploitasi. Hal yang pertama dilakukan dalam
tahap konsepsi adalah melakukan persiapan awal atau analisis melalui wawancar4
obsevasi, pembagian kuisioner, dan studi pustaka. Setelah diketahui kebuohan
aplikasi pembelajarBn matematika yang disuka oleh siswa kelas III Sekolah Dasar,
barulalr penulis membuat perancangan story boord. Untuk menghindari pekerjaan
ulang dan kesalahan, sebelum aplikasi dibangun maka dilakukan peninjauan
ulang. Setelah yakin tidak ada kesalahan, penulis mulai membangun aplikasi
durgan menggunakan Macromedia Flash ND(. Setelah pembuatan coding selesai,
penulis menhjau ulang kernbali untuk menghindari kesalahan ketika pemasangan
kepada komputer pengguna maka dilakukan evaluasi kembali apakah perancangan
aplikasi pembelajaran maternatika ini bisa diterapkan, user friendly, dan menarik
minat siswa untuk belajar dan menyukai pelqiaran matematika-
Sebagai aplikasi bertasis multimedis, mernpelajad matematika menjadi
lebih mudalq moryenangkan dan tidak mernbosankan bagi siswa kelas III Sekolah
Dasar. Sehingga mind dan motivasi belajar mereka pun meningkat.
|