Abstrak  Kembali
Bagi siswa kelas III SD Pelajaran Matematika merupakan s&lah satu kunci prcstasi untuk melanjutkan berhitung di jenjang kelas yang lebih atas. Apabila di kelas III mereka merasa jenuh pada pelajaran matematika, sangat sulit sekali mereka bisa berhasil dikelas selanjutnya. Untuk mengatasi rasa jenuh tersebut, maka penulis coba membuat perimcangan aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia yang dapat mengurangi kejenuhan anak dalam mempelajari pelajaran Malernatika. Dalam pengernbangan perancangan aplikasi pembelajaran matematika ini, penulis mengembangkan perangkat ajar yang didalamnya menggunakan metode waterfall atau hrcnsial linier dan multimedia yang terdiri tiga tahap, yaitu : tahap konsepsi, tahap realisasi dan tahap eksploitasi. Hal yang pertama dilakukan dalam tahap konsepsi adalah melakukan persiapan awal atau analisis melalui wawancar4 obsevasi, pembagian kuisioner, dan studi pustaka. Setelah diketahui kebuohan aplikasi pembelajarBn matematika yang disuka oleh siswa kelas III Sekolah Dasar, barulalr penulis membuat perancangan story boord. Untuk menghindari pekerjaan ulang dan kesalahan, sebelum aplikasi dibangun maka dilakukan peninjauan ulang. Setelah yakin tidak ada kesalahan, penulis mulai membangun aplikasi durgan menggunakan Macromedia Flash ND(. Setelah pembuatan coding selesai, penulis menhjau ulang kernbali untuk menghindari kesalahan ketika pemasangan kepada komputer pengguna maka dilakukan evaluasi kembali apakah perancangan aplikasi pembelajaran maternatika ini bisa diterapkan, user friendly, dan menarik minat siswa untuk belajar dan menyukai pelqiaran matematika- Sebagai aplikasi bertasis multimedis, mernpelajad matematika menjadi lebih mudalq moryenangkan dan tidak mernbosankan bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Sehingga mind dan motivasi belajar mereka pun meningkat.