Abstrak  Kembali
Pelajaran fisika merupakan ilmu yang abstrak, empiris, dan matematis serta tidak mudah dihubungkan dengan kejadian sehari-hari. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari ilmu fisika apalagi model pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah tanpa didampingi dengan praktikum di laboratorium. Namun tidak semua konsep fisika bisa dipraktekkan di laboratorium. Bila saja konsep-konsep yang bersifat abstrak tersebut dapat divisualisasikan sehingga mudah ditangkap oleh pancaindra maka masalahnya akan sangat berbeda. Perkembangan komputerisasi dan dunia animasi memungkinkan penulis untuk membantu siswa mempelajari ilmu fisika dengan mudah menggunakan animasi digital dengan cara membuat program laboratorium mini yang berisi beberapa bahasan ilmu fisika yang dikemas dalam bentuk animasi. Materi fisika yang akan penulis animasikan meliputi energy kinetic, momentum sudut, perpindahan kalor secara konveksi, pemuaian, dan medan magnet. Tahapan dalam perancangan animasi ini yaitu, membuat konsep, menentukan alur cerita, membuat struktur navigasi, membuat bagan alir, mendesain tampilan, dan memasukkan coding (Action Script). Dalam perancangan aplikasi animasi ini penulis menggunakan software Macromedia Flash 8 sebagai tools. Hasil dari perancangan ini merupakan aplikasi animasi digital ilmu pembelajaran fisika tingkatan sekolah dasar yang diharapkan mampu untuk membantu siswa untuk memahami dan mempelajari ilmu pembelajaran fisika.