Abstrak  Kembali
Di era globalisasi sekarang ini, dunia IT (Teknologi dan Informasi) terus berkembang pesat, khusus nya pada dunia komunikasi dan informasi, dimana informasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Seiring dengan berkembangnya zaman, informasi seperti menjadi hal pokok dalam kehidupan bermasyarakat, Seperti halnya akan kebutuhan sebuah informasi yang berhubungan kebudayaan Indonesia, khususnya batik. Batik adalah sebuah karya seni kebudayaan asli Indonesia yang perlu dilestarikan dan dijaga oleh kita sebagai warga negara. Menurunnya minat masyarakat untuk berkunjung ke sebuah museum membuat penulis mencoba untuk membuat sebuah aplikasi katalog batik Indonesia berbasis android,dimana aplikasi ini mengupas tuntas halhal yang berhubungan dengan batik. Android adalah salah satu produk hasil dari kemajuan teknologi dimana semua orang dapat mendapatkan sebuah aplikasi yang mereka inginkan. Aplikasi katalog batik adalah salah satu sarana untuk mendapatkan informasi tentang batik dimana katalog sendiri berfungsi sebagai alat komunikasi yang menginformasikan koleksi yang dimiliki, dimana dapat Memungkinkan seorang menemukan sebuah informasi yang diketahui daerah asalnya. Seiring dengan pengakuan dunia akan batik maka penulis memiliki sebuah inisiatif untuk membuat sebuah Aplikasi katalog batik ini dalam dua versi bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa inggris) tujuan dari perancangan dua bahasa ini diharapkan tidak hanya warga negara Indonesia yang dapat mendapatkan informasi tentang batik namun juga pihak luar. Dalam tahap selanjutnya penulis melakukan perancangan sistem aplikasi yang akan dibangun, guna untuk memudahkan dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan perancangan sisitem katalog ini. Tahapan perancangan ini menggunakan UML unified modeling language dimana dengan UML penulis dapat menetukan rancangan penentuan actor, perancangan use case, activity diagram dan sequence diagram. Dalam implementasi sebuah aplikasi yang terlah dibuat penulis melakukan pengujian melalui dua seperti pengujian pada implementasi user interface dan implementasi pada emulator tahapan ini dilakukan agar user dan pengembang mengetahui hasil dari sistem yang dibuat.