Abstrak  Kembali
Selama ini siswa hanya belajar menggunakan buku-buku yang telah disusun secara sistematis dan kaku. Materi hanya diberikan secara satu arah oleh pengajar atau guru sekolah tanpa banyak melibatkan siswa, sehingga tidak ada interaksi antara siswa dengan bahan ajar juga pengajar atau guru. Dengan sistem belajar yang seperti ini, siswa cenderung malas dan menjadi cepat bosan dalam belajar. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar khususnya dalam mempelajari dan mengenal tata surya yang merupakan dasar dari planet yang ada di luar angkasa, diperlukan sebuah alat bantu pengenalan yang interaktif, menarik, mudah digunakan, dan mudah di akses. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, alat bantu pengenalan berbasis animasi multimedia yang interaktif, menarik, mudah digunakan dan mudah diakses. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, alat bantu pengenalan berbasis animasi multimedia yang interaktif adalah sebuah pilihan untuk menjawab tantangan itu. Skripsi ini bertujuan untuk membuat Animasi Planet yang dapat digunakan sebagai sarana informasi bagi semua kalangan umumnya dan khususnya siswa sekolah dasar tentang planet yang terdapat di alam semesta ini. Dalam penulisan skripsi ini akan dibahas bagaimana membuat suatu animasi planet yang sederhana juga interaktif dan menarik. Selain itu juga disertakan sedikit informasi tentang planet tersebut. Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan program aplikasi Macromedia Flash 5.0 yang sudah dikenal sebagai program aplikasi pembuat animasi dan juga dengan menggunakan software lain seperti Swift 3D 2.0 untuk membuat modelling dan animasi objek dengan format swf dan Ulead COOL 3D 2.0 Trial untuk membuat berbagai efek tulisan tiga dimensi dengan format gif. Kata Kunci : Multimedia, Animasi, Planet, Macromedia Flash 5.