Abstrak  Kembali
Salma Nabila:1601035024. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Dasar Proses Pencernaan Maakanan Pada Anak Usia 5-7”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk berupa software dan hardware media pembelajaran interaktif Augmented Reality pada anak usia 5-7 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan anak yaitu “apa yang terjadi didalam tubuhnya?” dan keterbatasan media pembelajaran interaktif yang terlalu monoton bagi anak usia dini dibuatkanlah aplikasi sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran, mudah dipelajari, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dengan hasil akhir berupa ini suatu produk aplikasi media pembelajaran interaktif dalam pengenalan dasar proses pencernaan manusia berupa Augmented Reality yang mampu melatih 6 aspek perkembangan peserta didik usia 5-7 tahun. Aplikasi ini telah di validasi oleh ahli media rata-rata sebesar 70,83% dan oleh ahli materi rata-rata sebesar 75% dengan hasil akhir penilaian dikategorikan cukup. Selain divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, aplikasi ini juga telah diuji coba kelompok kecil dengan rata-rata sebesar 85,68 % dan kelompok besar sebesar 87,65% yang artinya setiap skala mengalami peningkatan, media Augmented Reality ini dapat dikatakan layak digunakan dan bisa dikembangkan.