Fitri Yatusholihah : 1601035001. “Persepsi Orangtua Tentang Penggunaan
Teknologi Digital Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di
TK Islam Sabilina Bekasi”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan Teknologi Digital Untuk
Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina, (2)
Untuk mengetahui Pemahaman Orangtua tentang Penggunaan Teknologi Digital
Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina,
(3) Untuk mengetahui Tanggapan Orangtua Tentang Penggunaan Teknologi Digital
Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina,
(4) Untuk mengetahui Sikap Orangtua terhadap Pengunaan Teknologi Digital
Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Islam Sabilina.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif Deskriptif.
Pada pendekatan ini peneliti mendeskripsikan data-data yang sudah didapat dan
dituliskan di dalam laporan skripsi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Orangtua
Murid TK Islam Sabilina dengan 40 partisipan. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan angket dan wawancara . Hasil penelitian menunjukkan (1) Dalam
penggunaan teknologi digital, durasi penggunaan paling tinggi adalah penggunaan
smartphone dibanding alat yang lain, dan aktivitas anak paling banyak menggunaan
aplikasi youtube dan whattsap, (2) Pemahaman orang tua akan teknologi digital
dikatakan baik karena mengetahui fungsi teknologi digital, mampu menyebutkan
alat-alat digital, mengetahui bahwa penggunaan teknologi digital harus diberikan
sesuai dengan dengan tahapan usia dan sesuai kebutuhan, serta memahami dampak
positif dan negatifnya, (3) 62,5% orang tua memberikan tanggapan negatif, dan
37,5% orang tua memberikan tanggapan positif, (4) Orang tua cenderung
mengambil sikap melakukan tindakan preventif untuk menghindari dampak
negatif dalam penggunaan teknologi digital.
|