Syifa Khairillah: 1601115010. “Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning pada materi Usaha dan Energi berbasis Multi Representasi terhadap hasil belajar Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian None Quivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal essay berbasis multi representasi sebanyak 5 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan Uji-z dikarenakan data tidak berdistribusi normal tetapi homogen. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai –𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < −𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau -1,79 < -1,96 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Collaborative Teamwork Learning pada materi usaha dan energi Berbasis Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika. Hal ini juga didukung dengan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Collaborative Teamwork Learning berbasis Multi Representasi lebih tinggi. Hal ini terjadi karena pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih aktif berdiskusi baik diskusi kelompok maupun diskusi kelas dan peserta didik juga lebih bersemangat mempelajari konsep fisika yang direpresentasikan kembali dalam beberapa bentuk representasi oleh pendidik.
|