Abstrak  Kembali
Jaka Nur Isnanto: 1601115003. “Analisis Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika SMA Kelas XI”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2020 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru-guru di SMA Negeri dan Swasta yang memenuhi kriteria berpikir tingkat tinggi, serta penilaian atau evaluasi pembelelajaran yang dibuat guru-guru fisika yang mengarah pada unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika di 4 SMA. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru-guru fisika SMA kelas XI sudah mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan dapat dikatakan baik, dengan persentase sekolah A yaitu 81,6%, sekolah B yaitu 86,8%, sekolah C yaitu 82,8% dan sekolah D yaitu 84,6% dan penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru-guru fisika SMA kelas XI belum sepenuhnya mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.