Abstrak  Kembali
Haseena Chika Pawinsky: 1601115020. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui adanya pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning menggunakan edmodo terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 25 soal pilihan essay dengan 20 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,9378 > 0,433 rtabel, maka data tersebut memilik instrumen yang reliable. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh 𝐿𝑜=0,0951<𝐿𝑡=0,190, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistibusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett diperoleh χ2hitung = 2,47 < χ2tabel = 20,28, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 10,95 > 1,68 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning menggunakan Edmodo terhadap hasil belajar siswa