Elin Melina. Pengaruh Pendekatan Induktif Melalui Model Concept Attainmnet Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan induktif melalui model pembelajaran concept attainment prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 4 JAKARTA pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas dan uji linearitas, dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan nilai regresi sederhana sebesar Y = 28,838+0,530X, dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 3,427>2,093 maka Ho ditolak, maka ada pengaruh antara model concept attainment terhadap prestasi belajar fisika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah proses belajar dan mengajar di kelas menjadi teratur dan terkonsep.
|