Abstrak  Kembali
Dwi Fujiastuti: 1501115006. “Analisis Minat Belajar Siswa SMA Kelas X MIPA terhadap Mata Pelajaran Fisika”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 102 Jakarta dan SMAN 89 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis diskriptif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar terhadap pelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah 140 siswa kelas X MIPA yang diambil dari 2 SMAN di Cakung Timur yang menerapkan Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap kesiapan dalam belajar fisika dengan persentase 63,94%. Memperhatikan materi fisika dengan persentase 71,69%. Ketelitian dalam mengerjakan soal fisika dengan persentase 61,33%. Perasaan siswa pada saat mengikuti pelajaran fisika dengan persentase 59,27%. Keinginan mengikuti pelajaran fisika dengan persentase 66,32%, dan Penjelasan guru terhadap pelajaran fisika dengan persentase 68,37%. Sehingga disimpulkan bahwa minat belajar dipengaruhi oleh diri sendiri dan lingkungan sekolah