Abstrak  Kembali
SEPTA RIPANDY. 1501115031. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Tingkatan Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Fisika X MIPA SMA Budhi Warman II Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. November 2019. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi atau pengaruh pola asuh orang tua dan tingkatan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Budhi Warman II Jakarta pada kelas X MIPA. Sampel pada penelitian ini yaitu 85 siswa penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian path analysis dan metode survey dengan menyebar kuisioner menghasilkan nilai pola asuh orang tua dan tingkatan pendidikan orang tua. Pengaruh variabel pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa didapatkan pada α = 0,05 nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 5,26>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(0,05)= 1,67 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 5,26 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2,38 dengan taraf signifikan α = 0,01. Nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka koefisien sangat signifikan sehingga terdapat pengaruh pola asuh orang tua (X1) dengan hasil belajar siswa (X3). Untuk pengaruh tingkatan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar fisika didapatkan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 17,78 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 1,67 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 17,78 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2,38 dengan taraf signifikan α = 0,01. Karena 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, a disimpulkan bahwa terdapat hubungan sangat siginifikan sehingga terdapat pengarh antara tingkatan pendidikan orang tua (X2) dengan hasil belajar fisika siswa (X3). Sedangkan untuk pengaruh pola asuh orang tua dan tingkatan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar didapatkan. sebesar Fhitung = Fh = 3,99 > Ftabel (α= 0,05)= 3,96 disimpulkan terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua (X1) dan tingkatan pendidikan orang tua (X2) terhadap hasil belajar fisika (X3).