SEPTA RIPANDY. 1501115031. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan
Tingkatan Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Fisika X MIPA SMA
Budhi Warman II Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.
Hamka. November 2019.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi atau pengaruh pola
asuh orang tua dan tingkatan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar. Penelitian
ini dilakukan di SMA Budhi Warman II Jakarta pada kelas X MIPA. Sampel pada
penelitian ini yaitu 85 siswa penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain penelitian path analysis dan metode survey dengan menyebar kuisioner
menghasilkan nilai pola asuh orang tua dan tingkatan pendidikan orang tua.
Pengaruh variabel pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa didapatkan pada
α = 0,05 nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 5,26>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(0,05)= 1,67 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 5,26 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2,38 dengan
taraf signifikan α = 0,01. Nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka koefisien sangat signifikan
sehingga terdapat pengaruh pola asuh orang tua (X1) dengan hasil belajar siswa
(X3). Untuk pengaruh tingkatan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar fisika
didapatkan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 17,78 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 1,67 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 17,78 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2,38 dengan taraf signifikan α = 0,01. Karena 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >
𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, a disimpulkan bahwa terdapat hubungan sangat siginifikan sehingga terdapat
pengarh antara tingkatan pendidikan orang tua (X2) dengan hasil belajar fisika siswa
(X3). Sedangkan untuk pengaruh pola asuh orang tua dan tingkatan pendidikan
orang tua terhadap hasil belajar didapatkan. sebesar Fhitung = Fh = 3,99 > Ftabel (α=
0,05)= 3,96 disimpulkan terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua (X1) dan
tingkatan pendidikan orang tua (X2) terhadap hasil belajar fisika (X3).
|