Abstrak  Kembali
RIFKY INDRA PRASETIA. NIM: 1501115028. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Peserta Didik SMA Negeri 1 Ciniru”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh domain pengetahuan literasi saintifik dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik SMA Negeri 1 Ciniru tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post test design. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment sebanyak 20 soal pilihan essay dengan 10 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh 𝑟hitung 0,695 > 0.404 𝑟tabel , maka data tersebut memiliki instrumen yang reliable. Selanjutnya data dianalisis uji Liliefors Galat Taksiran pada kelas eksperimen diperoleh Lo0,151 < Ltabel0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Bartlett yang dilanjutkan menggunakan uji chi kuadrat diperoleh X2hitung = 2,5 < 35,172 = X2tabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel kelas eksperimen mempunyai kondisi kelas yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 4,5 > 1,67 = ttabel berarti dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap domain pengetahuan literasi saintifik peserta didik SMA Negeri 1 Ciniru pada pokok bahasan gelombang cahaya.