NURUL SUHANNAH. NIM: 1001135047. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBM) Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Dalam Pelajaran
Fisika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris bahwa
terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan
Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri
41 Jakarta pada kelas XI IPA Semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan Bab
Fluida Statis.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain
penelitian One Group Pretest Posttest Design. Dan dalam teknik pengambilan sampel
pada penelitian menggunakan teknik Purpossive Sampling. Sampel yang digunakan
pada penelitian ini yaitu 38 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen.
Sebelum data digunakan pada kelas Eksperimen, data diuji coba di SMA Negeri 64
Jakarta. Setelah itu data digunakan pada kelas Eksperimen dan data yang didapatkan
dianalisis terlebih dahulu dengan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas
menggunakan Uji Lilliefors Galat Taksiran sehingga didapatkan nilai Lhitung = 0,120 <
Ltabel = 0,144, maka kelas eksperimen dinyatakan berdistribusi normal. Untuk uji
homogenitas menggunakan Uji Bartlett didapatkan nilai x2
hitung = 3,30 < x2
tabel = 28,9,
maka kelas eksperimen dinyatakan homogen. Dan dalam pengujian hipotesis
menggunakan Uji-t didapatkan nilai thitung = 3,052 > ttabel = 1,697. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika.
|