Abstrak  Kembali
Novi Citra Kirana. Pengaruh Pemberian Open-Ended Test Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Open-Ended Test Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest, Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling dengan istilah teknik acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi itu. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang siswa pada kelas eksperimen Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas Liliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas menggunkan uji Bartlett, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan normalitas yang didapat 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,088 < 0.161), dan hasil perhitungan homogenitas diperoleh χ² ℎ < χ2 𝑡 (8,667 < 22.40) sedangkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 memperoleh thitung = 13,32 > ttabel = 2,045 dan pada α = 0,01 dengan thitung = 13,32 > ttabel = 2,757. Maka Ho ditolak yang berarti terdapat Pengaruh sangat signitifikan pemberian Open-Ended Test melalui Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA.