Fitri Rahmawati: 1501115014. “Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan
Mobile Phone Application Berbasis Augmented Reality pada Pokok Bahasan Gerak untuk Siswa
SMA”. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Tujuan dalam penelitian ini untuk Mengetahui tahap-tahap perancangan dari pengembangan produk
media pembelajaran AR berbasis Android dan Mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika
menggunakan teknologi Augmented Reality yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan
ujicoba skala kecil pada sekolah SMAN 5 Tambun Selatan sedangkan untuk ujicoba skala besar
dilakukan ditiga sekolah dengan responden 143 diantaranya SMAN 1 Tambun Selatan, SMAN 2
Tambun selatan dan juga SMAN 5 Tambun Selatan Metode yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) meggunakan prosedur pengembangan Brog and Gall. Hasil dari uji kelayakan
dari ahli media memperoleh persentase 86%, uji kelayakan dari ahli materi memperoleh persentase
86%. Hal ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam katagori sangat layak
untuk digunakan sedangkan untuk keefektifitasan siswa sebagai bahan ajar dalam proses
pembelajaran, rata-rata dari keefektifan siswa adalah 82%, nilai yang diperoleh dapat dikatakan
sangat baik dilihat dari index skala likert yang digunakan, maka dari penilaian keefektifan siswa
media ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.
|