FAKHRI ABDULLAH ROSYID. 1501115013. Pengembangan Media
Pembelajaran Fisika Berbasis Android Berbantu Permainan Brain Quiz pada Materi
Momentum dan Impuls. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, August 2019.
Penelitian ini dilakukan karena terbatasnya jumlah media pembelajaran fisika
berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media
pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi Android pada materi momentum dan
impuls. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi
model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis
masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, desain awal mulai dibuat dan
kemudian divalidasi ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, desain
media pembelajaran diujicobakan pada uji skala kecil dengan jumlah 8 responden
dan uji skala besar dengan jumlah 96 responden yang berasal dari 3 sekolah di Kota
Tangerang. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli, uji
skala kecil, dan uji skala besar. Data yang diperoleh melalui metode observasi
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 90.16 % (sangat baik),
ahli media 81.30 % (baik), uji skala kecil 80.74 % (baik), dan uji skala besar 81.67
% (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai
media pembelajaran fisika.
|