Eva Umiati. Pengaruh Quantum Learning Method dan Problem Solving Method
terhadap Hasil Belajar Fisika melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Telah dilakukan penelitian dengan maksud mengetahui pengaruh metode
Quantum Learning dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar fisika
melalui HOTS Test di kelas X SMAN 102 Jakarta. Penelitian dilakukan karena
rendahnya rata-rata nilai hasil belajar fisika di kelas X. Metode penelitian yang
digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group
Pretest-Posttest, sedangkan teknik pengambilan sampel penelitiannya yaitu
Purposive Sampling. Untuk pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varians
(ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara Metode
Quantum Learning dan Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar (Fh =
32,78 > Ft = 4,01); 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa
HOTS tinggi dan HOTS rendah dengan menggunakan metode Quantum Learning
dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar (Fh = 55,47 > Ft = 4,01); 3)
terdapat interaksi yang sangat signifikan antara antara metode Quantum Learning
dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar (Fh = 1,82 < Ft = 4,01); 4)
terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metode Quantum learning
HOTS tinggi dan metode Problem Solving HOTS tinggi tehadap hasil belajar
(𝑄ℎ= 4,49 > 𝑄𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (𝛼=0.05) = 3,65) ; 5) terdapat perbedaan yang sangat
signifikan antara metode Quantum Learning HOTS rendah dan metode Problem
Solving HOTS rendah terhadap hasil belajar (𝑄ℎ= 6,99 > 𝑄𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(𝛼=0.05) =
3,65).
|