Abstrak  Kembali
Eva Umiati. Pengaruh Quantum Learning Method dan Problem Solving Method terhadap Hasil Belajar Fisika melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Telah dilakukan penelitian dengan maksud mengetahui pengaruh metode Quantum Learning dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar fisika melalui HOTS Test di kelas X SMAN 102 Jakarta. Penelitian dilakukan karena rendahnya rata-rata nilai hasil belajar fisika di kelas X. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest, sedangkan teknik pengambilan sampel penelitiannya yaitu Purposive Sampling. Untuk pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara Metode Quantum Learning dan Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar (Fh = 32,78 > Ft = 4,01); 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa HOTS tinggi dan HOTS rendah dengan menggunakan metode Quantum Learning dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar (Fh = 55,47 > Ft = 4,01); 3) terdapat interaksi yang sangat signifikan antara antara metode Quantum Learning dan metode Problem Solving terhadap hasil belajar (Fh = 1,82 < Ft = 4,01); 4) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metode Quantum learning HOTS tinggi dan metode Problem Solving HOTS tinggi tehadap hasil belajar (𝑄ℎ= 4,49 > 𝑄𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (𝛼=0.05) = 3,65) ; 5) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metode Quantum Learning HOTS rendah dan metode Problem Solving HOTS rendah terhadap hasil belajar (𝑄ℎ= 6,99 > 𝑄𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(𝛼=0.05) = 3,65).