Abstrak  Kembali
Anisa Pratiwi : 1501115008. “Pengaruh Model Project Based Learning menggnakan Media Musik Pop terhadap Hasil Belajar Fisika”. Skripsi. Jakarta: Program studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Fisika dengan menggunakan Model Project Based Learning dengan media Musik Pop pada siswa kelas X SMAN 1 Kabupaten Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan adlah Purposive Sampling. Pada uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan tidaka ada terdapat soal drop. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,528 > rtabel 0,43, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefours Galat Taksiran diperoleh Lhitung= 0,092< Ltabel= 0,1457, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh χ2 h = 19,57 <χ2 t = 22,40 ; maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari populasi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,81 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (3,81 > 1,69 ; 3,81 > 2,44), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model project based learning dengan media musik pop terhadap hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas X SMAN 1 Kabupaten Tangerang.