ADE LUSI NISAUTAMI DEWI. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)
Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikatif
Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan membuktikan bahwa terdapat “pengaruh model
pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir
kreatif dan komunikatif siswa”. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode eksperimen. Untuk data kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini didapat
dari hasil pretest dan posttes, setelah data berdistribusi normal dan perhitungan regresi linier
diperoleh 𝑌 ̅
= 𝑎 + 𝑏𝑋 = 43,66 + 0,57(𝑋) dan hasil perhitungan uji T diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
yaitu (10,92 > 1,70 ; 10,92 > 2,44). Hal tersebut menyatakan bahwa H0 ditolak. Dan untuk data
komunikatif siswa dalam penelitian ini didapat dari hasil angket , setelah data dihitung
menggunakan skala likert didapat nilai rata-rata komunikatif siswa kelas X MIPA 3 di MAN 3
Tangerang yaitu sebesar 84,93%. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh dari model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar fisika
ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan komunikatif siswa.
|