Abstrak  Kembali
ADE LUSI NISAUTAMI DEWI. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikatif Siswa. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan membuktikan bahwa terdapat “pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan komunikatif siswa”. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Untuk data kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini didapat dari hasil pretest dan posttes, setelah data berdistribusi normal dan perhitungan regresi linier diperoleh 𝑌 ̅ = 𝑎 + 𝑏𝑋 = 43,66 + 0,57(𝑋) dan hasil perhitungan uji T diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu (10,92 > 1,70 ; 10,92 > 2,44). Hal tersebut menyatakan bahwa H0 ditolak. Dan untuk data komunikatif siswa dalam penelitian ini didapat dari hasil angket , setelah data dihitung menggunakan skala likert didapat nilai rata-rata komunikatif siswa kelas X MIPA 3 di MAN 3 Tangerang yaitu sebesar 84,93%. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan komunikatif siswa.