Abstrak  Kembali
Eva Nopiyanti: 1601125013. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Ekologi”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir analisis pada materi ekologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan adalah Cluster Rendom Sampling. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 16 soal uraian dengan 14 soal valid dan 2 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,66 > rtabel 0,33, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis diuji persyaratan yaitu uji regresi linier sederhana diperoleh hasil y = 5,41 + 0,91x dengan persamaan regresi Ftc = 0,96 > Fkk = 4,03, maka dapat disimpulkan bahwa data membentuk garis linier yang positif. Sedangkan uji korelasi diperoleh hasil rhitung = 0,812 > rtabel = 0,279 maka dapat disimpulkan data memiliki hubungan yang kuat dengan kontribusi 65,9%. Pada uji hipotesis digunakan uji-r diperoleh rhitung = 0,812 > rtabel = 0,279 pada 𝛼 = 0,05, maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir analisis pada materi ekologi