Cindy Ermin: 1601125065. “Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Biologi Kelas XI Semester I”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi biologi kelas XI Semester I. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2019 hingga Desember 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Developmental Research) yang mengadaptasi dari model pengembangan instrumen menurut Mardapi (2008). Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap menyusun spesifikasi tes (tujuan, kisi-kisi, bentuk soal), menulis butir tes, menelaah butir tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir tes (validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran), merakit tes, melaksanakan tes, dan menafsirkan hasil tes. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 13 Bekasi dan SMAN 51 Jakarta dengan jumlah responden 202 peserta didik. Tahap menelaah butir tes dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 55 butir tes yang terdiri dari tiga indikator yaitu Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mencipta (C6). Hasil penelitian menunjukkan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang dikembangkan sudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak berdasarkan validasi ahli (89,6%), jumlah soal yang valid sebanyak 39 butir tes dengan persentase 79,5% dan 8 butir tes tidak valid dengan persentase 20,5%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, didapatkan nilai 𝑟11 sebesar 0,62 (tinggi). Dengan demikian penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik pada mareri biologi kelas XI semester I.
|