Siti Nurhazizah. NIM. 1501125090.” Hubungan Antara Gaya Belajar dengan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Respirasi Manusia”.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian
ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 25 Kabupaten Tangerang
pada semester genap 2018/2019. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling
dengan responden sebanyak 27 siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar berjumlah 45
butir dan tes pilihan ganda kemampuan berpikir kritis pada materi sistem respirasi
manusia sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menghasilkan nilai rata-rata
kemampuan berpikir kritis siswa 64,07 dan persentase rata-rata gaya belajar siswa
untuk visual sebesar 63,3%, auditori sebesar 63,6%, dan kinestetik sebesar 63%.
Data dianalisis menggunakan uji regresi dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil uji
regresi dan korelasi ganda didapatkan persamaan Y = -13,09 + 0,85 X1 + 0,23 X2
+ 0,14 X3 dengan perolehan r hitung= 0,398 dan r tabel= 0,396. Dari hasil tesebut
menandakan terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan
kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi sistem respirasi manusia yang
tergolong kategori rendah, dengan r2= 0,158 yang artinya gaya belajar memiliki
kontribusi sebesar 15,8% terhadap kemampuan berpikir kritis dan selebihnya
dipengaruhi oleh faktor lain.
|