Siska Aprilianti : 1501125089. “Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Progam Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada kelas XI semester 2 bulan maret hingga juni pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga dapat diperoleh dua kelompok untuk penelitian yaitu XI MIA 1 dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 dengan jumlah 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen, sedangkan desain yang digunakan Posttest-Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,29 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 78,20. Hasil uji hipotesis digunakan uji t pada taraf siginfikan α = 1%, diperoleh thitung = 4,14 > ttabel 2,65 ; yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
|