NURATIKA NOVIANTI : 1501125100. ‘’Pengaruh Model Pembelajaran
ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap
Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI IPA pada Materi Sistem
Imunitas’’. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap
kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IPA pada materi sistem imunitas di
SMAN 105 Jakarta tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Quasy Experimental (eksperimen semu) dengan desain
Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA
yang berjumlah 144 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 63 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal posttest bentuk uraian berjumlah 9 soal
yang terdiri dari indikator kemampuan berpikir analisis yaitu membedakan,
mengorganisasi dan memberikan atribut. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 68,58 sedangkan
pada kelas kontrol sebesar 57,90. Uji hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh
thitung 3,47 > ttabel 2,66 pada α = 0,01 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima,
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and
Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IPA pada
materi sistem imunitas di SMAN 105 Jakarta tahun ajaran 2018-2019.
|