Novita Nurul’Aini: 1501125071. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating,
Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Reproduksi”.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT
(Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 94
Jakarta pada kelas XI semester 2 bulan maret hingga juni pada tahun pelajaran
2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment,
dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, dan diperoleh kelas
XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Pada uji hipotesis digunakan uji t pada
taraf signifikansi α = 1%, diperoleh thitung = 3,53 > ttabel = 2,667 ; yang berarti HO
ditolak, sehingga terdapat pengaruh signifikan terhadap kedua kelompok. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran REACT (Relating,
Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa
|