Desya Aryani Sofyan: 1501125026. “Pengaruh Penggunaan Model Treffinger
Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA pada Materi
Perubahan Lingkungan dan Ekosistem”. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Biologi dengan menggunakan model
pembelajaran Treffinger pada siswa kelas X MIPA SMAN 5 Tambun Selatan pada
semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari
sampai dengan Mei. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen
dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sample yang
digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan
menggunakan Rbis sebanyak 35 soal pilihan ganda dengan 32 soal valid dan 3 soal
tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunkan rumu r11
memperoleh rhitung = 0,9045. Maka data tersebut memilik instrumen yang reliabel.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen
memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,41, sedangkan siswa kelompok kontrol
memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,27. Uji hipotesis menggunakan uji t-test yang
memperoleh nilai thitung sebesar 3,47 dan ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 2,66.
Karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh penggunaan model Treffinger terhadap kemampuan memecahkan
masalah siswa kelas X MIPA pada materi perubahan lingkungan dan ekosistem.
|