Arum Pusporini: 1501125016. “Kontribusi Keterampilan Proses Sains
Terhadap Jenjang Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Pendidikan
Biologi FKIP UHAMKA”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keterampilan proses sains
terhadap pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru pendidikan
biologi FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian deskriptif korelasional dengan sampel yang digunakan adalah sampling
jenuh.
Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains dan tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari masing-masing tes sebanyak 30 butir
soal, melalui uji validitas (Purwanto) diperoleh masing-masing 27 butir soal tes
keterampilan proses sains dan 27 butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi
yang dinyatakan valid. Adapun 3 butir soal dari masing-masing bentuk tes
dinyatakan tidak valid. Adapun untuk uji reliabilitas (Arikunto), kedua jenis tes
keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki tingkat
reliabilitas yang tinggi, kedua tes tersebut memiliki nilai koefisien korelasi (r)
yang sama, yaitu 0,76.
Data hasil penelitian berupa keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir
tingkat tinggi yang diperoleh melalui masing-masing instrumen, selanjutnya di
analisis melalui uji linieritas regresi, hasil uji linieritas menunjukkan = 0,42 <
= 5,12. Hal ini menunjukkan bahwa kedua data penelitian memiliki regresi
yang linier. Uji korelasi produk moment kedua data memperoleh nilai r = 0,36,
yang lebih tinggi dari (n = 59) = 0,30. Hasil uji atau koefisien
determinasi memperoleh kontribusi keterampilan proses sains terhadap
pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 13%.
|