Abstrak  Kembali
Angga Rivaldy: 1501125008. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung = 0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(3), kelompok eksperimen diperoleh 4,62 < 11,3 dan kelompok kontrol 10,55 < 11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung 1,01 < ftabel 2,38 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,75 > ttabel 2,390 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta.