Ahmad Syugiyanto. Analisis Kemampuan Keterampilann Generik Sains Pada
Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. Skripsi. Jakarta :
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.
Hamka, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan
generik sains terhadap mahasiswa pendidikan biologi yang muncul setelah proses
pembelajaran praktikum koagulasi darah pada materi sistem sirkulasi. Penelitian
ini dilakukan di FKIP UHAMKA. Metode pada penelitian ini menggunakan
metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 58 mahasiswa semester 6. Data
yang diperoleh pada penelitian ini yaitu menggunakan tes essay. Pada penelitian
ini pencapaian keterampilan generik sains pada mahasiswa difokuskan pada tujuh
aspek keterampilan generik dengan hasil penelitian yang menunjukan yaitu,
pengamatan langsung 98.83% (sangat baik), bahasa simbolik 38.79% (kurang
sekali), pemodelan 90.95% (sangat baik), inferensi logika 39.51% (kurang sekali),
kerangka logika 94.90% (sangat sekali). Dengan analisis data yang diperoleh
rerata keseluruhan keterampilan geneik sains adalah 71.37% dan termasuk pada
kategori sedang.
|