Dewi Larasati. 1601085067. “Pengaruh Desain Kemasan Mi Instan Indomie Terhadap Pembelian Impulsif Di Alfamart, Jakarta Timur). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh desain kemasan Mi Instan Indomie terhadap pembelian impulsif di Alfamart, Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen di Alfamart, Jakarta Timur selama periode penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 88 konsumen yang diambil dengan menggunakan teknik sampling insidental. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Setelah data berkarakteristik sama dan berdistribusi normal berdasarkan pada uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan hasil perhitungan dari regresi linier, maka diperoleh 𝒀̅=𝟏𝟕,𝟏𝟔+𝟎,𝟔𝟏𝟓(𝒙) dan hasil dari perhitungan ANAVA didapat Fhitung < Ftabel (0,87 < 1,65). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung korelasi Pearson Product Moment dan koefisien korelasi yang didapat adalah rhitung > rtabel (0,583 > 0,207) dan thitung > ttabel (6,657 > 1,662) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 33,9% yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Desain Kemasan Mi Instan Indomie terhadap Pembelian Impulsif di Alfamart, Jakarta Timur
|