Yuan Ryanta Hartoyo: 1601085079. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Jasa Lembaga Kursus Oppa Akademi di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Jakarta: Bidang Keahlian Tata Niaga Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga informal kursus bahasa korea, Oppa Akademi yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengingat sedang terjadi Pandemi Covid-19 ini yang mana harus mengubah mengubah semua kegiatan menjadi berbasis online, termasuk les bahasa korea di Oppa Akademi. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui pelaksanaan pemanfaatan Instagram melalui tayangan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan penerapan internet marketing oleh Oppa Akademi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah CEO Oppa Akademi sekaligus, staff marketing, serta salah satu peserta les di Oppa Akademi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi terus terang atau tersamar, dan dokumentasi. Melalui pemanfaatan media sosial Instagram, komunikasi pemasaran menjadi efektif dengan melakukan iklan (advertising), kegiatan promosi penjualan (sales promotion), dan internet marketing, serta adanya dampak peningkatan jumlah peserta les bahasa korea di Oppa Akademi.
|