Intan Permata Sari: 1601085090. ”Implementasi Pelayanan E-KTP Di
Kelurahan Rambutan Jakarta Timur”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi
Pelayanan E-KTP Di Kelurahan Rambutan Jakarta Timur. Jumlah Informan
penelitian ini sebanyak 3 orang terdiri dari Kepala Unit Pengelola PMPTSP,
Kasapel Dukcapil dan Dukcapil. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian
menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi
Observasi Terlibat, Wawancara Semi-struktur dan Dokumentasi. Berdasarkan
hasil temuan peneliti menyimpulkan, bahwa Pelayanan E-KTP yang di terapkan
di Kelurahan Rambutan Jakarta Timur meliputi (1) Prosedur Pelayanan (2)
Kualitas Pelayanan dan (3) Sarana dan Prasarana Pelayanan. Prosedur Pelayanan
terdiri dari Prosedur Primer, Prosedur Sekunder dan Proses Pelayanan.
Selanjutnya Kualitas Pelayanan terdiri dari Daya Tanggap (Responsiveness),
Jaminan (Assurance), Bukti Fisik (Tangible), Empati (Empaty), dan Keandalan
(Reability). Lalu Sarana dan Prasarana terdiri dari Sarana Berupa Alat, Sarana
Berupa Informasi dan Prasarana Perabot. Adapun saran untuk Pelayanan
Kelurahan Rambutan Jakarta Timur yaitu agar dapat mengembangkan lagi
Prosedur, Kualitas dan Sarana Prasarana pelayanan agar pelayanan semakin
meningkat, dapat mempertahankan pelayananan yang lebih berkualitas dan dapat
menjaga eksistensi kantor.
|