Finanda Ramadhan: 1601085016 “Pengaruh Kualitas Layanan Bagian Umum
Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka”. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan bagian
umum terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan
ilmu pendidikan universitas Muhammadiyah prof. dr. hamka pada semester tahun
ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 311 orang dan diambil 76
sebagai sampel. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif asosiatif. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random
Sampling.
Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Setelah data dinyatakan
berdistribusi normal dan linier dengan pengujian persyaratan analisis menggunakan
uji normalitas, homogenitas dan linearitas maka dilakukan perhitungan regresi
linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 36,3 + 0,51 (X) dan hasil
perhitungan ANOVA didapat Fhitung < Ftabel (2,038 < 2,21) dan Rhitung>Rtabel
(0,726 > 0,227). Berdasarkan pengujian hipotesis hasil didapat Thitung>Ttabel
(9,081 > 1,992) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi
(R2) adalah 0,527 × 100% = 52,7%, berarti kualitas layanan bagian umum
berpengaruh kuat terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi. Sedangkan
sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain kualitas layanan bagian umum.
Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas
layanan bagian umum terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas
keguruan dan ilmu pendidikan universitas Muhammadiyah prof. dr. hamka.
|