Fatimatu Zahra: 1601085053. “Implementasi Penetapan Harga Tahu Pada Masa
Pandemi Covid-19 Pabrik Tahu DR Putra Cipinang Muara Jakarta Timur”.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa Implementasi
Penetapan Harga Tahu di Pabrik Tahu DR Putra. Jumlah informan penelitian ini
sebanyak 3 orang yang terdiri dari pengelola, karyawan bagian produksi, dan
karyawan bagian penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian
menggunakan Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data penelitian meliputi
observasi terlibat, wawancara semi-struktur, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari mereduksi data, mendisplay
data, dan membuat kesimpulan yang sesuai dengan keadaan dilapangan.
Berdasarkan hasil temuan, peneliti menyimpulkan, bahwa Implementasi
Penetapan Harga yang diterapkan oleh Pabrik Tahu DR Putra memiliki alur
sebagai berikut: (1) Menentukan tujuan penetapan harga (tujuan berorientasi pada
laba dan mempertahankan loyalitas konsumen), (2) Mempertimbangkan faktorfaktor
penetapan harga (faktor internal: tujuan pemasaran perusahaan, biaya dan
pertimbangan organisasi, faktor eksternal: permintaan pasar, dan persaingan), (3)
Memilih metode penetapan harga (metode penetapan harga berbasis biaya costplus
precentage of cost pricing, dan metode penetapan harga berbasis persaingan at
market pricing), (4) Menentukan strategi penetapan harga (strategi harga tunggal),
(5) Terciptanya harga.
|