Ajeng Cahyaningtiyas, 1601085019. ‘’Rancangan Pembelajaran Inovatif Di
Tengah Pandemi Covid-19 Di SMK Kawula Indonesia’’. Skripsi, Jakarta :
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, teknologi
informasi dan komunikasi, keterampilan belajar, pendidikan karakter siswa dalam
rancangan pembelajaran inovatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Untuk sumber data
yang dipilih adalah purposive sampling dengan kriteria mengetahui rancangan
pembelajaran inovatif dengan jumlah informan sebanyak tiga orang dimana ketiga
informan tersebut membuat rancangan pembelajaran inovatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam,
studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMK Kawula Indonesia dalam rancangan
pembelajaran inovatif sudah cukup baik. Rancangan pembelajaran Inovatif yang
dilakukan di SMK Kawula Indonesia dengan membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran yang sudah disederhanakan, namun belum berorientasi pada HOTS
(Higher Order Thingking Skills) dan belum mengacu pada unsur-unsur yang
terdapat dalam pembelajaran inovatif.
|