Tresia Desvionalita. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model
Pembelajaran Numberd Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran
Artikulasi pada mata pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI
IPS SMA Negeri 2 Gunung Putri Kabupaten Bogor. Skripsi. Jakarta: Pendidikan
Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model Pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran
Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gunung Putri
Tahun ajaran 20017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian dalam
penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi ekspermen dengan pendekatan
komparatif. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel.
Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh san simple
random sampling dengan cara dibagi kelas atau kelompok eksperimen. Kelompok
pertama sebagai kelompok eksperimen 1 sebanyak 36 siswa yang akan diberikan
perlakuan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan siswa
kelompok eksperimen 2 sebanyak 35 siswa yang akan diberikan model pembelajaran
Artikulasi.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar Geografi siswa kelas XI
IPS di SMA Negeri 2 Gunung Putri yang menggunakan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai
hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS yang menggunakan model pembelajaran
Artikulasi. Untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) diperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 86,82 sedangkan untuk
kelas yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi diperoleh rata-rata nilai
hasil belajar sebesar 81,94. Uji hipotesis atau uji-t diketahui bahwa thitung (4,28) >
ttabel (1,999). Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang siginifikan antara hasil
belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya
menggunakan model Artikulasi dalam materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS
di SMA Negeri 2 Gunung Putri Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Artikulasi,
Hasil belajar siswa.
|