Abstrak  Kembali
Tresia Desvionalita. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model Pembelajaran Numberd Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gunung Putri Kabupaten Bogor. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gunung Putri Tahun ajaran 20017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi ekspermen dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh san simple random sampling dengan cara dibagi kelas atau kelompok eksperimen. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen 1 sebanyak 36 siswa yang akan diberikan perlakuan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan siswa kelompok eksperimen 2 sebanyak 35 siswa yang akan diberikan model pembelajaran Artikulasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Gunung Putri yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi. Untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) diperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 86,82 sedangkan untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi diperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 81,94. Uji hipotesis atau uji-t diketahui bahwa thitung (4,28) > ttabel (1,999). Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Artikulasi dalam materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Gunung Putri Kabupaten Bogor. Kata Kunci : Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Artikulasi, Hasil belajar siswa.