i Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil
belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger
dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Jenis
penelitian ini menggunakan jenis penelitian qualsi eksperimen. Pengambilan
sampel yang digunakan denga random sampling
Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas kedua yang
diberlakukan dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dari hasil
belajar siswa kelas eksperimen pertama dengan model pembelajaran Treffinger.
Nilai rata-rata hasil belajar geografi kelas eksperimen 1 dengan model
pembelajaran Treffinger mendapatakan nilai rata-rata 64,9 ; sedangkan kelas
eksperimen kedua dengan model pembelajaran Think Talk Write mendapat nilai
rata-rata 69,5.
Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa hasil t-hitung
19,934 dengan t-tabel 2,0021. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan
hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS
mengunakan model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran Think
Talk Write di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta.
Kata kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Think Talk Write, Hasil
Belajar Geografi
|