Abstrak  Kembali
i Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian qualsi eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan denga random sampling Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas kedua yang diberlakukan dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas eksperimen pertama dengan model pembelajaran Treffinger. Nilai rata-rata hasil belajar geografi kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Treffinger mendapatakan nilai rata-rata 64,9 ; sedangkan kelas eksperimen kedua dengan model pembelajaran Think Talk Write mendapat nilai rata-rata 69,5. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa hasil t-hitung 19,934 dengan t-tabel 2,0021. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS mengunakan model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran Think Talk Write di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Kata kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Think Talk Write, Hasil Belajar Geografi