Osmaidah : 1401115028. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Model Pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Budhi Warman I Jakarta. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Geografi, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Make a Match dengan model pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Budhi Warman 1 Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dan Cluster random sampling dengan cara dibagi 2 kelas atau kelompok eksperimen. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen 1 sebanyak 39 siswa yang akan diberikan perlakuan model pembelajaran Make a Match dan kelompok eksperimen 2 sebanyak 41 siswa yang akan diberikan model pembelajaran Take and Give.
Hasil penelitian menyimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Make a Match dengan model pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Budhi Warman 1 Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan uji-t yang menunjukkan > (4,71 > 1,9946). Rata – rata nilai yang terdapat pada kelas yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model Make a Match yaitu 82,28 dan rata – rata nilai yang terdapat pada kelas yang pembelajaran menggunakan model Take and Give yaitu 72,51. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Take and Give.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match, Take and Give
|