Abstrak  Kembali
Eka Fitri Puji Lestari. NIM: 1401115037. Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 96 Jakarta. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 96 Jakarta dengan materi Mitigasi Bencana Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan komparatif yang bertujuan untuk membedakan atau membandingkan hasil penelitian antara dua kelompok penelitian. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 96 Jakarta yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebesar 81,17. Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction sebesar 77. Uji hipotesis diketahui bahwa thitung > ttabel 2,010 > 1,9967. Hal ini berarti ada perbedaan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model pembelajaran Explicit Intruction dalam membelajarkan materi Mitigasi Bencana Alam terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 96 Jakarta. Kata kunci : Student Facilitator and Explaining, Explicit Intruction¸SMA Negeri 96 Jakarta, Hasil Belajar.