Eka Fitri Puji Lestari. NIM: 1401115037. Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara
Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan
Model Pembelajaran Explicit Intruction Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI
IPS SMAN 96 Jakarta. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof.
Dr. Hamka. Agustus 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil
belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining dengan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata Pelajaran
Geografi Kelas XI IPS SMAN 96 Jakarta dengan materi Mitigasi Bencana Alam.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini menggunakan
jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan komparatif yang bertujuan
untuk membedakan atau membandingkan hasil penelitian antara dua kelompok
penelitian. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Cluster Random Sampling.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA
Negeri 96 Jakarta yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator
and Explaining sebesar 81,17. Sedangkan yang menggunakan model
pembelajaran Explicit Intruction sebesar 77. Uji hipotesis diketahui bahwa thitung >
ttabel 2,010 > 1,9967. Hal ini berarti ada perbedaan signifikan antara penggunaan model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model pembelajaran
Explicit Intruction dalam membelajarkan materi Mitigasi Bencana Alam terhadap
hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 96 Jakarta.
Kata kunci : Student Facilitator and Explaining, Explicit Intruction¸SMA
Negeri 96 Jakarta, Hasil Belajar.
|