LATIFAH LAILI FEBRIYATI. NIM: 1401045164. Pengaruh Pengunaan
Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa
Kelas V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara tepat dan mengetahui
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur. Penelitian
ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental (eksperimen
semu). Pengambilan sampel yang menggunakan Sampling Total sebanyak 60
siswa, yang terdiri pada kelas V-A dan V-B instrumen penelitian soal pilihan
ganda (PG) sebanyak 40 butir soal. Dari pengujian validitas menggunakan rumus
Korelasi Point Biserial (rpbi), diperoleh hasil 30 soal yang valid dan 10 soal yang
tidak valid. Pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh
𝑟 = 0,869 > 𝑟 = 0,349.
Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors Lhitung = 0,1501 < Ltabel = 0,161
dan kelas kontrol Lhitung = 0,1336 < Ltabel = 0,161, maka dapat disimpulkan kedua
data kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan
uji Fisher pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung = 1,03 < Ftabel = 1,86,
maka dapat disimpulkan kedua kelas bersifat homogen. Pengujian hipotesis
menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,37 > 2,00 =
ttabel. Ho ditolak dan H₁ diterima.
Penelitian ini menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas
V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar IPS.
|