Abstrak  Kembali
LATIFAH LAILI FEBRIYATI. NIM: 1401045164. Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara tepat dan mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental (eksperimen semu). Pengambilan sampel yang menggunakan Sampling Total sebanyak 60 siswa, yang terdiri pada kelas V-A dan V-B instrumen penelitian soal pilihan ganda (PG) sebanyak 40 butir soal. Dari pengujian validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial (rpbi), diperoleh hasil 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh 𝑟􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 0,869 > 𝑟􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 = 0,349. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors Lhitung = 0,1501 < Ltabel = 0,161 dan kelas kontrol Lhitung = 0,1336 < Ltabel = 0,161, maka dapat disimpulkan kedua data kelas tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung = 1,03 < Ftabel = 1,86, maka dapat disimpulkan kedua kelas bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,37 > 2,00 = ttabel. Ho ditolak dan H₁ diterima. Penelitian ini menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pulogebang 07 Jakarta Timur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar IPS.