Abstrak  Kembali
Khoirotun Nisa (NIM: 1501025198): “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III di SDI Hudatul Khairiyah. Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika siswa kelas III dengan menggunakan Model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Hudatul Khairiyah Jakarta Timur pada semester II tahun ajaran 2018-2019. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 orang siswa dan sampel penelitian ini meliputi 40 siswa yang berasal dari kelas IIIA dan IIIB di SDI Hudatul Khairiyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan 3 pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Validitas tes dihitung dengan Korelasi Point Biserial. Koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Uji Normalitas tes menggunakan uji Lilliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,100 < 0,19 Ltabel dan kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,103 < 0,19 Ltabel berarti hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan Uji Fisher. Diperoleh Fhitung 1,89 < 2,15 Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang = 19 dan dk penyebut = 19, maka disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen. Hasil perhitungan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh hasil thitung = 6,514 > 4,362 ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDI Hudatul Khairiyah Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning , Hasil Belajar Matematika, Prestasi Belajar