Kartika Handayani, “Hubungan Kecerdasan Majemuk Dengan Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV SDN Lenteng Agung 01 Pagi”.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan majemuk
dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survei dengan analisis korelasi yang dilakukan pada populasi siswa
kelas IV SDN Lenteng Agung 01 Pagi tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang
diambil dengan teknik simple random sejumlah 50 siswa yang diambil dari 60
populasi. Sampel yang diambil dihitung menggunakan rumus Slovin. Instrumen
yang digunakan adalah satu buah angket dan satu buah soal esai, untuk mengukur
kecerdasan majemuk dan mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis secara
berurut. Data penelitian diperoleh melalui pemberian angket yang terdiri dari 30
butir untuk kecerdasan majemuk dan soal esai terdiri dari 7 butir untuk mengukur
kemampuan berpikir kreatif matematis. Data dianalisis terlebih dahulu dengan uji
persyaratan analisis data terpenuhi yaitu uji normalitas, uji linearitas regresi.
Setelah uji persyaratan data terpenuhi, dilakukan analisis inferensial untuk
pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan
regresi sederhana. Hasil dari analisis korelasi dengan taraf signifikan 5% atau
ini adalah thitung (4,518) > ttabel (1,677), sehinga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kontribusi korelasi X terhadap Y sebesar 29,83% dan sisanya 70,17%
disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan
analisis regresi sederhana menunjukan bahwa Fhitung (20,4083) > Ftabel (4,0427),
maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan persamaan regresi ̅= 12,4178+ 0,4492x.
Hal tersebut memberitahukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa yang memiliki kecerdasan majemuk tinggi akan lebih baik dari
pada siswa yang memiliki kecerdasan majemuk rendah. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan
majemuk dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Kata Kunci : Kecerdasan Majemuk, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematis
|